Aqiqah Dulu atau Qurban Dulu?

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Ustadz.

Saya dan keluarga niat mau qurban tahun ini. Tapi ternyata waktu qurban besok barengan sama waktu aqiqah anak saya yang baru lahir. Kami juga dari keluarga yang kurang mampu. Buat qurban saja kami harus sisihkan uang untuk ditabung. Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan besok, aqiqah dulu atau qurban dulu?

Jazakumullah khairan katsiran.

ikhonexxxx@gmail.com

Jawaban :

Hukum Aqiqah dan Qurban menurut pendapat yang rajih atau lebih kuat adalah sama-sama sunnah muakkad (sunnah yang ditekankan).

Sementara mengenai waktu pelaksanaan menurut pendapat yang rajih dan lebih kuat juga bahwa:

  1. Aqiqah dilakukan hanya sekali dan waktu paling utama dilaksanakan di hari ke-7 dari kelahiran bayi, selanjutnya dapat dilakukan di hari ke-14 atau hari ke-21 atau hari-hari setelah hari ke-21 dari kelahiran bayi.
  2. Sementara qurban bisa dilakukan tiap tahun dan waktunya hanya pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah Sholat Idul Adha (ini adalah waktu yang paling utama) kemudian tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah.

Menimbang dari dua hal di atas yaitu masalah hukum dan waktu pelaksanaan, jika Aqiqah dan Qurban bersamaan di tahun ini maka bisa dilakukan dengan cara :

  1. Aqiqah dan Qurban dilakukan sendiri-sendiri dalam waktu bersamaan di tahun ini jika memungkinkan.
    Apabila opsi pertama tidak memungkinkan maka :
  2. Qurban dulu kemudian baru aqiqah dikarenakan waktu yang dimiliki Qurban terbatas jika tetap ingin berqurban di tahun ini.
  3. Aqiqah saja dan tidak perlu qurban di tahun ini dikarenakan aqiqah hanya satu kali saja dan qurban bisa dilaksanakan di tahun berikutnya.

Adapun saran kami terhadap pertanyaan saudara adalah Anda bisa memilih opsi ke-3 dikarenakan permasalahan ekonomi yang Anda hadapi. Niat Anda untuk berqurban bisa Anda tunda di tahun-tahun berikutnya apabila Anda sudah mempunyai kelapangan rezeki. Semoga Allah melapangkan rezeki kita dengan rezeki yang halal dan barokah. Allahumma Aamiin.

Sebenarnya ada pendapat lain yang membolehkan untuk menggabung aqiqah dan qurban dalam satu pelaksanaan. Namun kami melihat pendapat ini marjuh atau lemah.

Wallahu a’lam bishshowab.

Dijawab oleh Ust. Anwar Abu Hudzaifah (Pengajar PP. Ainul Yakin)

Tinggalkan Balasan

BLOG POSTS

ADDRESS

Alamat Kantor : Glagah Kidul, RT 03 Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. 55191
Telp: (0274) -
HP: 083840036233, 081804245056, 081328754180.
Website: https://ainulyakin.com
Email: lppi_ainulyakin@yahoo.com

DISCLAIMER

Important: This site has been setup purely for demonstration purposes and all the content are designed to showcase the uDESIGN WP theme as it could look on a live site.
All images are copyrighted to their respective owners.