Bolehkah Puasa Arafah di Hari Sabtu?

Pertanyaan :
Bismillah.
Ustadz kami mau tanya kalo misal Puasa Arafah pas hari sabtu boleh gak? Karena kami pernah mendengar di sebuah pengajian kata ustadznya kalau puasa hari sabtu itu gak boleh. Terima kasih.

dewipusxxx@yahoo.com

Jawaban :
Mungkin yang pernah Anda dengar dari ustadz itu, bahwa berpuasa pada hari Sabtu tidak boleh adalah bersumber dari hadits ini :

لا تصوموا يوم السبتِ إلا في ما افترض عليكم وإن لم يجد أحدكم إلا لحاء عنبة أو عود شجرة فليمضغه

“Janganlah kalian berpuasa di hari Sabtu kecuali puasa yang sudah diwajibkan untuk kalian. Apabila seseorang di antara kalian tidak menemukan apapun (untuk dimakan) selain kulit anggur atau batang kayu maka hendaklah dia mengunyahnya”

Jika hadits ini yang dimaksud maka hadits ini diperselisihkan oleh para ulama tentang keshahihannya. Ada yang berpendapat hadist ini shahih (kuat), ada yang berpendapat juga bahwa hadits ini dhaif (lemah).

Anggap saja hadits ini shahih maka ada beberapa rincian atau kesimpulan yang bisa diambil dari hadits ini :

  1. Larangan dalam hadits ini tidak berlaku jika puasanya adalah puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha’ Ramadhan (mengganti hutang puasa Ramadhan) atau puasa nadzar sebagaimana tersebut jelas dalam hadits ini.

  2. Larangan ini juga tidak berlaku untuk puasa sunnah yang ada sebabnya, contohnya puasa Daud yang bertepatan dengan hari Sabtu, puasa Ayyamul Bidh (tanggal 13, 14 dan 15 bulan Hijriyah) yang salah satu tanggalnya bertepatan dengan hari Sabtu, atau puasa ‘Aasyura (tanggal 10 Muharram) bila bertepatan dengan hari Sabtu.

    Dasarnya adalah hadits :

    لا يصومنّ أحدكمْ يوم الجمعة إلا يوْما قبله أوْ بعْده



    Janganlah kalian berpuasa di hari jumat kecuali apabila diiringi dengan puasa sehari sebelumnya atau sesudahnya”.

    Dalam hadits ini terdapat petunjuk bahwa berpuasa sunnah pada hari Sabtu boleh dikerjakan apabila seseorang berpuasa di hari sebelumnya, yaitu hari Jum’at.

    Artinya, jika memang puasa hari Sabtu ada sebab atau alasannya dan alasan itu sesuai syariat maka berpuasa di hari Sabtu diperbolehkan.

    Contohnya tadi, ada orang berpuasa Daud bertepatan dengan hari Sabtu apakah boleh? Jawabnya tentu boleh karena dia berpuasa di hari Sabtu dalam rangka puasa Daud atau alasannya karena puasa Daud. Dan puasa Daud adalah puasa yang disyariatkan.

  3. Adapun puasa yang dilarang di hari Sabtu adalah puasa sunnah tanpa sebab. Para ulama membuat istilah, bahwa puasa tanpa sebab disebut dengan puasa mutlak.

Kesimpulannya : boleh berpuasa Arafah di hari Sabtu jika puasa Arafah jatuh pada hari Sabtu.

Wallahu a’lam bishshowab.

Dijawab oleh Ust. Anwar Abu Hudzaifah (Pengajar PP. Ainul Yakin)

Tinggalkan Balasan

BLOG POSTS

ADDRESS

Alamat Kantor : Glagah Kidul, RT 03 Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. 55191
Telp: (0274) -
HP: 083840036233, 081804245056, 081328754180.
Website: https://ainulyakin.com
Email: lppi_ainulyakin@yahoo.com

DISCLAIMER

Important: This site has been setup purely for demonstration purposes and all the content are designed to showcase the uDESIGN WP theme as it could look on a live site.
All images are copyrighted to their respective owners.