Profil Yayasan

PROFIL YAYASAN INDONESIAN SPECIAL CHILDREN AINUL YAKIN YOGYAKARTA

  1. SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN AINUL YAKIN

                   Berawal dari penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Islam Ainul Yakin Yogyakarta yang telah berlangsung sejak tahun 2005. Lembaga ini didirikan oleh Bapak Muhidin Isma Almatin Ps. Ps. Beliau adalah seorang praktisi pendidikan anak berkebutuhan khusus, yang sangat kompeten dibidangnya. Dengan latar belakang pendidikan psikologi, dan pendidikan  drama teater, dengan dibantu para profesionalisme muda LPPI Ainul Yakin, beliau kembangkan inovasi –inovasi pembelajaran, terapi–terapi penyembuhan untuk anak – anak berkebutuhan khusus dan penanganan anak-anak bermasalah dalam belajar, serta perilaku menyimpang. Tempat terapi anak berkebutuhan khusus dan penyimpangan perilaku ini dinamakan ILTS (Isma Learning Therapy School). Metode yang dikembangkan adalah HL atau Hypnosis Learning (pembelajaran dengan menggunakan pikiran bawah sadar), dan ILT atau Isma Learning Therapy (terapi penyembuhan dengan menggunakan metode tepuk, pijat, ketuk dan usap pada system saraf manusia).

                   Beriring berjalannya waktu, LPPI AINUL YAKIN semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat  khususnya orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Hingga akhirnya 2009 mendirikan sekolah khusus yang diberi nama AYSS (Ainul Yakin Special School), di jalan tamansiswa mergangsan kidul.Tempat ini menyewa 3 rumah milik mas Yanto untuk di jadikan sekolah. Saat pertama kali dibuka sekolah ini muridnya hanya 11, kemudian 2010 berkembang menjadi 25 sehingga rumah yang disewa tidak cukup. Kemudian atas musyawarah wali santri akhirnya Ainul Yakin mencari tempat baru yang lebih baik.   Dibangunlah sebuah bangunan sekolah dengan menyewa lahan kosong milik bapak H. Margono di Giwangan, jalan ringroad selatan. Digiwangan ini Ainul Yakin berkembang dengan sangat pesat, sampai murid mencapai 53 anak anak special dengan berbagai usia dan tipe. Mengingat para santri ainul yakin berasal dari beberapa daerah maka beberapa wali santri meminta kepada LPPI AINUL YAKIN untuk mendirikan asrama tempat tinggal para santri yang berasal dari luar daerah. Kemudian berdirilah asrama anak berkebutuhan khusus dengan konsep pengasuhan ala pondok pesantren. 

                   Asrama anak berkebutuhan khusus ini kemudian dinamakan Pondok Pesantren Penghafal Al Quran Ainul Yakin Special Children (AYSC), yang berdiri pada tangga 29 September 2012. Pondok ini menyewa sebuah rumah keluarga bapak H. Maslum, di Kampung Nitikan Sorosutan Umbulharjo Yogyakarta. Jumlah siswa waktu berdiri 16 santri diasuh langsung oleh Abi Guru Isma ditemani oleh 2 pengasuh dari mahasiswa. LPPI AINUL YAKIN yang sudah mempunyai 3 unit lembaga khusus (Tempat terapi/ ILTS, Sekolah Khusus/AYSS dan pondok pesantren berkebutuhan khusus AYSC, semakin banyak mendapat perhatian dan kepercayaan masyarakat untuk mendidik dan mengasuh anak berkebutuhan khusus. Maka kemudian LPPI AINUL YAKIN memperbaiki system manajemen dan kelembagaan menjadi sebuah yayasan.    Pada tanggal 27 Agustus 2015 bapak Muhidin Isma Almatin Ps. Ps, selaku pendiri dan Direktur LPPI AINUL YAKIN beserta beberapa guru diantaranya ustadz Hari Purnomo, S.Pd, dan Bapak Azhar Bintoro mengajak para orang tua wali murid, yaitu bapak Dr.Or. H. Mansur, MS, Bapak Ari Suhargono, M. Cs, Bapak Drs. Arif Tri Nurhadi, Ibu Yusri Marwahati, SF.Apt, Bapak Fathur Rohman,S.Ag, bapak Drs. Muslikhin, M.Hum dan beberapa tokoh mayarakat kota Yogyakarta; seperti Bapak Prof. Dr. H. Dulbahri, Bapak Prof. Dr. H. Ahmad Mursyidi, M.Sc., A.Pt.,  Bapak Drs. KH. Sukemi, SH, Bapak Pranowo, SE, dan Bapak Nugroho Santoso, ST., M.Eng mendirikan YAYASAN INDONESIAN SPECIAL CHILDREN AINUL YAKIN. Keberadaan Yayasan Ainul Yakin sangat dibutuhkan untuk keseimbangan, kelangsungan dan pengembangan kegiatan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang telah dirintis oleh LPPI AINUL YAKIN. 

                   Yayasan Ainul Yakin, atau Yayasan Indonesian Special Children adalah sebuah Lembaga Pelatihan, Pendidikan,  Dakwah, dan Socialyang mengkhususkan diri Pada Penanganan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dari TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi. Yayasan Ainul Yakin mencoba memberikan pelayanan pendidikan yang murah dan gratis namun berkualitas.

                   Kami mencermati bahwa perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia pada intinya merupakan tanggung jawab pemerintahnamun demikian tanggung  jawab tersebut bukan hanya milik pemerintah, tapi milik semua elemen yang ada pada jajaran pemerintahan maupun masyarakat.

                   Dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-IV tertera dengan jelas bahwa tujuan nasional bangsa Indonesia salah satunya adalah “mencerdaskan kehidupan bangsa” sebab dengan masyarakat yang cerdas maka tujuan nasional lainnya seperti melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi dan keadilan sosial, akan tercapai.  Melihat bahwa proses pencapaian pendidikan yang baik ditentukan oleh kesadaran masyarakat untuk ikut berperan aktif mengembangkan pendidikan.  Tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdasakan kehidupan bangsa, maka Yayasan Ainul Yakin, berusaha untuk ikut andil bagian mensukseskan program – program pendidikan dari pemerintah, dengan mengambil fokus pendidikan anak berkebutuhan khusus. 

                   Yayasan Indonesia Special Children Ainul Yakin berkomitmen untuk fokus pada pendidikan, pengasuhan dan terapi bagi anak berkebutuhan khusus. Mengapa demikian, karena masih sangat sedikit sekali lembaga pendidikan/atau yayasan Islam yang menangani anak berkebutuhan khusus, padahal semakin lama semakin banyak model vonis anak bermasalah yang diberikan kepada anak-anak. Dengan team profesional muda, bersemangat dakwah dan syiar Islam,  Yayasan Indonesian Special Children Ainul Yakin bergerak cerdas, kreatif dan inovatif. 

Setelah melalui proses yang sangat panjang 15 tahun lamanya bergerak di bidang pendidikan, terapi dan kepengasuhan anak berkebutuhan khusus, dari mendirikan lembaga terapim meningkat menjadi sekolah luar biasa, kemudian meningkat kembali menjadi pondok pesantren anak berkebutuhan khusus. Maka Yayasan Ainul Yakin saat ini focus mengembangkan program pendidikan, terapi dan kepengasuhan anak berkebutuhan khusus dengan satu program yaitu : PUSAT PEMASYARAKATAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS INDONESIA. 

                   Mengapa perlu dibangun dan dikembangkan program PP. ABKI. Mengasuh dan mendidik anak berkebutuhan khusus itu bukan hanya masalah terapi, dan sekolah saja, tetapi setelah mereka diterapi dan sekolah kedepannya bisa tidak mereka hidup sehat, mandiri, bekerja, berkeluarga, dan bermasyarakat. 

                   Saat ini pola pendidikan yang ada hanya sebagian-sebagian saja, tanpa keterpaduan dan keterkaitan, padahal anak anak dengan diagnosa berkebutuhan khusus itu selamanya akan selalu bergantung dengan orang orang terdekatnya/ketergantungan dengan orang lain tidak bisa mandiri sepenuhnya.

                   Waktu disekolah mereka banyak diajari ketrampilan dan terapi terapi dengan harapan, saat

besar mereka bisa bekerja, dan mandiri tapi kenyataannya hanya sedikit yang bisa bekerja, karena saat ini dunia pekerjaan/industri belum banyak yang menggunakan tenaga berkebutuhan khusus. Saat kecil anak anak berkebutuhan khusus banyak disekolahkan bahkan diasramakan diajari bina bantu diri, terapi perilaku dan sosial, diajari akademik seperti anak pada umumnya. Tetapi realitanya, setelah mereka lulus dari sekolah, asrama atau tempat terapi, pengetahuan dan ketrampilan yang mereka miliki hanya sedikit yang bisa diterapkan dimasyarakat. Bahkan masyarakat masih belum bisa menerima mereka karena kenyataannya anak berkebutuhan khusus sampai besar pun masih memiliki kekurangan atau kekhususan.

                   Saat masih kecil anak anak berkebutuhan khusus memiliki banyak kekurangan, dari segi kognitif, afektif, psikomotorik dan kesehatan atau bahkan memiliki kelebihan yang berlebih dibidang tertentu. Sehingga menimbulkan masalah pada dirinya, keluarga, dan lingkungan sekitar, maka dari itu para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus berusaha semaksimal mungkin mencari kesembuhan dengan pergi ke pengobatan alternatif, rehabilitasi, psikolog dan dokter. Namun karena masalah berkebutuhan khusus itu sangat kompleks, antara yang satu dengan yang lainnya berbeda maka hasilnya pun sampai dewasa hanya sedikit yang bisa mencapai kata sembuh atau baik. Akhirnya, setelah besar, mereka tetap memiliki permasalahan yang pelik yang masih bergantung kepada semua orang disekitarnya.

                   PP.ABKI merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi system pendidikan, pengasuhan dan terapi menjadi sebuah program real hidup masa depan anak berkebutuhan khusus dengan satu tujuan ”beriman, bertaqwa, sehat, mandiri, bekerja, berkeluarga, dan bermasyarakat”. Didalam lingkungan PP.ABKI berusaha meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap setiap warga berkebutuhan khusus untuk berpartisipasi penuh dalam lingkungan bermasyarakat. Hambatan yang ada bisa terkait dengan masalah etnik, gender, status sosial, kemiskinan dan lain-lain. Dengan kata lain  PP.ABKI adalah pelayanan super special bagi warga berkebutuhan khusus yang tinggal disebuah perkampungan dengan satu konsep keterpaduan kegiatan, belajar, terapi, ibadah, bekerja, berkeluarga dan bermasyarakat.

                   Melalui pengkajian, dan perjalanan panjang dalam menangani, mendidik, mengasuh dan memberikan terapi kepada anak berkebutuhan khusus oleh yayasan Ainul Yakin, maka lahirlah program program PP. ABKI.

Diantara program aktivitas yang akan dilaksanakan di PP. ABKI adalah :

 1. Perkampungan ABK

 2. Pendidikan dan Pelatihan ABK

 3. Pondok Pesantren

4. Medical and Rehabilitasi Center/Rumah Sakit ABK

 5. Tekhnologi

6. Home Industri

7. Pertanian

 8. Peternakan

9. Perikanan 

10. Swalayan

11. Agrowisata

                   Program  program PP.ABKI diatas adalah focus kegiatan dan perencanaan yang dikerjakan dan dilaksanakan oleh yayasan Ainul Yakin. Dengan 11 program PP.ABKI diatas diharapkan anak anak berkebutuhan khusus mendapatkan hak dan penghidupan yang sama seperti masyarakat Indonesia pada umumnya. PP.ABKI adalah impian dan masa depan bagi anak berkebutuhan khusus Indonesia.

B. IDENTITAS YAYASAN

1. Nama Yayasan  : Yayasan Indonesian Special Children Ainul Yakin

2. Program Pendidikan : PP.ABKI (Pusat Pemasyarakatan & Pendidikan ABK Indoneisa)

  1. Perkampungan ABK
  2. Pendidikan dan Pelatihan ABK
  3. Pondok Pesantren
  4. Medical and Rehabilitasi Center/Rumah Sakit ABK
  5. Tekhnologi
  6. Home Industri
  7. Pertanian
  8. Peternakan
  9. Perikanan 
  10. Swalayan
  11. Agrowisata

3. Status Yayasan  : Swasta

4. Alamat Yayasan  :

  Alamat lama yang sesuai akte 

      Jalan   : Jln.Ringroad Selatan, Malangan UH VII / 472 

      Kelurahan   : Giwangan

      Kecamatan  : Umbulharjo

      Kota    : Yogyakarta  

      Provinsi  : Daerah Istimewa Yogyakarta  

      Kode Pos  : 55156                                                                            

      Telpon   : 081328754180 

 Alamat sekarang kantor Yayasan :

      Jalan   : Imogiri barat

      Dusun   : Glagah Kidul 

      Kelurahan   : Tamanan  

      Kecamatan  : Banguntapan  

      Kabupaten   : Bantul

      Provinsi  : Daerah Istimewa Yogyakarta  

      Kode Pos  : 55191  

      Telpon /WA  : 081328754180  

      WEB/FB/Youtube :www.ainulyakin.com/ainul yakin./ainul yakin TV.

5. Tahun Beroperasi  : 2015

6. Akta Notaris :  Rr. Betty Erna Kusumawati, SH
 Nomor 03 Tanggal 27 Agustus  2015. SK.KEMENHUMHAM. No AHU-0011905.AH.01,12.  Tahun 2015  Tanggal 27-08-2015

7. Status Tanah dan Bangunan : Hak Pakai  

  1. Surat tanah    :  13. 05. 13. 07.1.01103  
  2. Luas Tanah & Bangunan  :  1830 m2      

 8.  Rekening Donasi  :  BANK BPD DIY  No Rek: 006231040783 Atas Nama Yayasan Indonesian Special Children

C. PENDIRI YAYASAN

1. Nama Lengkap   : Dr. Or. H. Mansur, MS
Agama     : Islam
Kewarganegaraan  : Indonesia
KTP           :  34.7113.190557.0002
Alamat lengkap  : Perumahan Wiromulyo Indah, No11,RT 054, RW 014,  Sorosutan,Umbulharjo,Yogyakarta.
Telp    : 08122702567

2. Nama Lengkap   : Muhidin Isma Almatin Ps. Ps
 Agama    : Islam
Kewarganegaraan  : Indonesia
KTP    : 34. 7112. 180982.0001  
Alamat Lengkap  : Dusun Karang Tengah, Sumber Wungu, Tepus Gunung Kidul Yogyakarta. 
Telp/HP  : 081328754180

D. VISI, MISI, DAN TUJUAN YAYASAN

1. Visi   

 “Menjadi  Lembaga Pendidikan Internasional, Terdepan, Terkemuka, Menjadi Pusat    Study Dunia”

2. Misi  

  1. Menyiapkan peserta didik yang memiliki kesiapan fisik, mental / rohani, emosi dan sosial. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
  2. Menyiapkan generasi muda yang terdidik berkualitas intelektual spiritual dan Iptek. Ditandai dengan kesehatan jasmani, rohani, menguasai imtaq, iptek serta beramal ibadah sesuai tuntunan agama Islam.
  3. Menyiapkan generasi muda yang mau dan mampu menguasai ajaran agama Islam dan bisa menjadi suritauladan bagi masyarakat. 

3. TUJUAN  

         Yayasan ini didirikan dengan maksut dan tujuan sebagai sarana untuk berpartisipasi didalam pembangunan Indonesia seutuhnya melalui jalur pendidikan, sosial, kemanusian dan keagamaan, khususnya dalam menggali dan mengembangkan sumber daya.

E. SUSUNAN ORGANISASI YAYASAN

Dewan Pendiri                 :     Dr. Or. H.Mansur, MS       
                                               Muhidin Isma Almatin Ps. Ps

Dewan Pembina              :     Muhidin Isma Almatin  Ps. Ps

Dewan Pengawas           :     Prof. Dr. KH. Ahmad Mursyidi, M. Sc., A.Pt  
Prof. Dr. H. Dulbahri      
 Drs. H. Sukemi, SH 

Dewan Pengurus Harian 

Ketua       :            Dr. Or.  H. Mansur, MS

Sekertaris   :       Ari Suhargono, M.Cs

Bendahara   :      Subroto, M.Hum

Bidang  Pendidikan, Keagamaan dan Kemanusian   : Drs. Muslikhin, M. Hum
Pranowo, SE  

Bidang  Humas, Aset Yayasan dan Pembangunan   :  Hari Purnomo, S.Pd                 
  Sarwadi, MA 

Bidang  Dana Indonesian Special Children        :    Hj. Tatik Mansur               
 Drs. Arif Tri Nurhadi              
Yusri Marwahati, SF. Apt

BLOG POSTS

ADDRESS

Alamat Kantor : Glagah Kidul, RT 03 Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. 55191
Telp: (0274) -
HP: 083840036233, 081804245056, 081328754180.
Website: https://ainulyakin.com
Email: lppi_ainulyakin@yahoo.com

DISCLAIMER

Important: This site has been setup purely for demonstration purposes and all the content are designed to showcase the uDESIGN WP theme as it could look on a live site.
All images are copyrighted to their respective owners.