Sudah Merutinkan Puasa Daud, Saat Hari Tidak Puasa Bolehkah Puasa Arafah?

Pertanyaan :

Saya sudah merutinkan puasa Daud sejak setahun ini. Besok saat puasa Arafah, waktunya saya tidak puasa atau berbuka. Karena satu hari sebelum hari puasa Arafah saya dalam keadaan puasa Daud. Pertanyaan saya, bolehkah saya puasa Arafah saat hari saya semestinya tidak puasa karena puasa Daud saya?

nurulxxxxx@gmail.com

Jawaban :

Puasa Daud adalah puasa yang modelnya sehari berpuasa sehari berikutnya berbuka dan begitu seterusnya. Model puasa seperti ini adalah puasa sunnah yang paling dicintai oleh Allah. Ini sesuai dengan sabda Nabi :

وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، ….، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

 “Puasa (sunnah) yang paling Allah cintai adalah puasa Daud … Beliau berpuasa sehari dan berbuka (tidak puasa) di hari berikutnya

Ada hadits mengenai seseorang sahabat bernama Abdullah bin ‘Amr yang ingin berpuasa setiap harinya, namun Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam melarangnya dan menyuruhnya untuk mengamalkan puasa Daud.

Namun sahabat ini tetap dalam pendirian dan keinginannya seraya berkata :

. إِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

“Aku masih bisa melakukan yang lebih daripada itu (puasa Daud)”.

Akan tetapi Nabi shallalahu ‘alaihi wasallam tetap melarangnya dan bersabda :

لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

“Tidak ada yang lebih utama daripada itu (puasa Daud)”

Maka dari kisah ini ada yang berpendapat kalau puasa Daud itu sudah maksimal dan jangan lagi pusing dan mikir puasa sunnah lainnya. Sekalipun tidak dapat kesempatan puasa Arafah.

Namun ada pendapat ulama lainnya yang menyatakan bahwa saat ada seseorang mengalami keadaan seperti yang Anda alami dia tetap bisa berpuasa Arafah.

Lalu bagaimana dengan hadits yang baru kami sampaikan.

Penjelasannya adalah hadits itu lebih tepat dibawa kepada konteksnya bahwa puasa Daud lebih utama dan sudah maksimal daripada puasa setiap hari sebagaimana keinginan Abdullah bin ‘Amr yang ingin dan ngotot berpuasa di setiap harinya.

Kesimpulannya bahwa dalam keadaan yang Anda alami, Anda insyaAllah boleh berpuasa Arafah dan di hari berikutnya Anda bisa melanjutkan puasa Daud Anda.

Wallahu a’lam bishshowab.

Dijawab oleh Ust. Anwar Abu Hudzaifah (Pengajar PP. Ainul Yakin)

Tinggalkan Balasan

BLOG POSTS

ADDRESS

Alamat Kantor : Glagah Kidul, RT 03 Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. 55191
Telp: (0274) -
HP: 083840036233, 081804245056, 081328754180.
Website: https://ainulyakin.com
Email: lppi_ainulyakin@yahoo.com

DISCLAIMER

Important: This site has been setup purely for demonstration purposes and all the content are designed to showcase the uDESIGN WP theme as it could look on a live site.
All images are copyrighted to their respective owners.